Pileg  

DCT Partai Golkar DPR RI Dapil Sulut Diisi Nama-Nama Tenar, Dari Tetty Paruntu Hingga Jerry Sambuaga

Berita Golkar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024, untuk DPR RI sebanyak 9.917 calon dan untuk DPD RI sebanyak 668 calon. Pengumuman ini disampaikan melalui Konferensi Pers Penetapan DCT DPR RI dan DPD RI Pemilu 2024 di Media Centre KPU, Jumat (3/11/2023), yang dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU August Mellaz, Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

“Berdasarkan PKPU 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dan PKPU 11/2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, KPU menyusun dan menetapkan DCT pada 3 November 2023,” ujar Hasyim.

Untuk calon legislatif DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara, Partai Golkar telah menempatkan calon wakilnya di senayan dengan para tokoh yang kapasitas dan kredibilitas mumpuni di tingkat nasional maupun internasional.

Christiany Eugenia Paruntu (CEP) atau akrab dipanggil Tetty di nomor urut 1. Mantan Bupati Minahasa Selatan dua periode yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sulut ini, memiliki prestasi segudang, diantaranya penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga anugrah Satya Lencana Pembangunan tahun 2015 dan Bintang Jasa Utama yang disematkan oleh Presiden Joko Widodo.

Nomor urut 2 ada Dr Jerry Sambuaga, tokoh muda nasional yang telah mengecap jabatan mentereng sebagai Wakil Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju di usianya yang kini baru menginjak 38 tahun. Ia sebelumnya pernah duduk di kursi DPR RI Komisi I pada periode 2014-2019. Jerry Sambuaga juga berpengalaman di sejumlah kegiatan penelitian dan diplomasi internasional. Putra dari politisi senior Theo L. Sambuaga, saat ini juga duduk sebagai Ketua Umum DPP AMPI.

Sedangkan Dr Ronny Frangky Sompie, S.H.,M.H., berada di nomor urut 3, angka yang dianggap sakral untuk sebagian orang. Ronny Sompie merupakan tokoh nasional asal Sulut yang pernah menjabat Kapolda Bali dan Dirjen Imigrasi. Ia dikenal berani, tegas dan aktif berinovasi.

Ronny Sompie merupakan tokoh kepolisian RI pertama yang menduduki Kepala Biro Wassidik Bareskrim Polri, benteng terakhir Polri dalam proses penyelidikan dan penyidikan, sebelum ia menjabat Kadiv Humas Polri dan Kapolda Bali. Semasa menjabat Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie pun memperoleh anugrah tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2019.

Ronny Sompie selain pernah menjadi pejabat di yudikatif dan eksekutif, juga aktif sebagai akademisi. Ronny Sompie adalah dosen yang menaruh perhatian besar terhadap upaya pembangunan SDM di Sulut, termasuk jabatan pengabdiannya saat ini sebagai Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (K3).

Pada urutan nomor 4, Sitti Marijam Thawil, akademisi dan pemerhati pendidikan yang pernah menjabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Attahiriyah. Sitti Marijam Thawil sendiri adalah aktivis HMI di Manado, dan pernah menjabat Ketua KOHATI (Korps-HMI-Wati) Manado.

Adrian Jopie Paruntu di urutan nomor 5. Adrian adalah petahana yang mewakili Partai Golkar di DPR RI dari dapil Sulut di Pemilu 2019. Putra dari CEP ini, sekarang duduk di Komisi X. Adrian adalah politikus muda Sulut yang kini menjabat Wakil Sekertaris Jenderal Bidang PP Wilayah Sulawesi DPP Partai Golkar.

Nomor urut 6, ada Mohamad Feryando Lamaluta, tokoh Partai Golkar Sulut yang kini menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi Keuangan dan Kesekretariatan (OKK) Partai Golkat Sulut. Dengan komposisi tersebut, Partai Golkar sudah menargetkan minimal mendapatkan dua kursi DPR RI dari daerah pemilihan Sulut. {sumber}