Hetifah Dukung Uniba Ciptakan SDM Pendidikan Yang Unggul dan Inovatif

Berita Golkar – Universitas Balikpapan (UNIBA) menggelar kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang dirangkai Expo UMKM mulai 4 hingga 10 September 2023.

Event pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM Expo yang melibatkan belasan pelaku UMKM lokal, secara resmi dibuka oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kaltim Universitas Balikpapan Rendi Susiswo Ismail, didampingi Rektor UNIBA Isradi Zainal yang digelar di halaman Kampus UNIBA.

“Selain expo kita juga mengenalkan dunia kampus kepada 1.147 mahasiswa baru, tentu ini bagian dari persiapan kami, bukan hanya menciptakan SDM yang unggul tapi juga memiliki kompetensi yang tinggi,” ujar Rendi Susiswo Ismail kepada media, Minggu (10/9/2023).

Lanjut Rendi, apalagi dengan adanya penunjukkan wilayah Provinsi Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Menjadi tanggung jawab bersama bagaimana menyiapkan SDM yang berkualitas. “Ini juga sejalan dengan misi Uniba yang akan kita bangun jadi perguruan tinggi yang unggul dan berbudaya,” akunya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian memberikan apresiasi kepada Uniba sebagai salah satu perguruan tinggi yang terdepan memperjuangkan dan mempersiapkan SDM untuk IKN.

“Saya berpesan kepada Pak Rendi dalam hal cara pembelajaran di Uniba agar menjadi terdepan, bagaimana menyiapkan anak-anak yang bersifat inovatif dan tentunya memberi support ke Uniba dalam hal sarana dan prasarana,” kata Hetifah.

Hetifah menambahkan, yang tak kalah pentingnya pembentukan SDM juga perlu diperhatikan para dosen, dan organisasi kemahasiswaan, karena mereka nantinya yang akan menjadi pemimpin. “Karena tidak mungkin menghasilkan pemimpin yang tidak bisa berorganisasi dan berlatih menjadi leader yang terasa,” akunya.

Terkait sosok Rendi Susiswo Ismail yang peduli soal pendidikan di Balikpapan dan Kaltim pada umumnya, Hetifah melihat beliau bukan lagi tokoh pendidikan tapi sosok negarawan karena sebagai tokoh pendidikan itu penting, tapi sebagai negarawan sudah mementingkan kepentingan masyarakat banyak ketimbang perguruan tinggi sendiri.

“Bukan soal Uniba saja, tapi Uniba ini menjadi alat untuk dia menghasilkan SDM yang akan mengisi posisi terpenting dalam membuat kebijakan publik,” imbuhnya.

“Kami apresiasi dedikasi beliau yang sudah tidak terhitung jasa bagi dunia pendidikan maupun di ekonomi,” tambahnya.

Kabar baiknya, Hetifah mengatakan untuk anggaran dunia pendidikan tahun ini mengalami peningkatan dari Rp 80 triliun menjadi Rp 97 triliun, minimal harus juga merasakan dari sisi dukungan terkait riset, sarana dan prasarana serta beasiswa untuk mahasiswa.

“Termasuk beasiswa bagi para dosen yang ingin meningkatkan kompetensinya ke jenjang S2 dan S3 bisa dengan beasiswa,” akunya.

Hetifah juga mendukung Uniba yang saat ini telah berproses dalam hal pengurusan perizinan untuk membuka fakultas kedokteran.

“Karena fakultas kedokteran ini juga harus melengkapi berbagai perizinan dan persyaratan yang lengkap, tapi saya yakin Uniba akan menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang akan memiliki Fakultas Kedokteran,” tukasnya.

Sedangkan, Rektor Uniba Isradi Zainal mengungkapkan jika terselenggaranya UMKM Expo merupakan suatu keberkahan. “Saya menganggap kegiatan ini membawa berkah. Saya rasa kita berdoa agar acara ini sukses dan lancar terimakasih kepada semua pihak yang membuat acara ini lancar,”ucap Isradi Zainal.

Kegiatan UMKM Expo mulai dilaksanakan pada 4 September 2023 dan berakhir pada 10 September 2023. Belasan stand-stand yang terdiri dari makanan hingga fashion serta oleh-oleh asli Kalimantan dapat ditemui di kampus Uniba. {sumber}